Obesitas? ,,, simak tanda-tandanya dan penyebabnya.

Hasil gambar untuk obesitas

Obesitas adalah kondisi kronis pada tubuh dimana terjadinya penumpukan lemak berlebih dalam tubuh, melebihi batas yang baik untuk kesehatan. Kegemukan tidak hanya berdampak pada penampilan fisik penderitanya, tetapi juga meningkatkan risiko dalam kondisi kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. 

Semua orang dapat mengalami kegemukan jika tidak menjaga pola makan dan melakukan olahraga yang cukup. Obesitas biasanya diderita oleh orang-orang dengan pekerjaan administratif atau kantoran. Anda dapat menjaga diri Anda dari obesitas dengan mengurangi faktor-faktor risiko.
Hasil gambar untuk obesitas

Tanda dan Gejala Obesitas

Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mencek BMI (Body Mass Index}. 
berikut rumusnya
BMI = berat badan (kg) / (tinggi (m) x tinggi (m))
atau sekarang sudah banyak terdapat aplikasi gratis untuk mencek indek masa tubuh anda. 
Orang-orang dengan BMI lebih besar dari 25 dapat dikategorikan sebagai overweight, pada 30 atau lebih termasuk ke dalam obesitas, dan pada 40 ke atas merupakan tingkat obesitas yang serius.

Kegemukan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya, seperti hipertensi, diabetes, dan jantung koroner. Situasi ini juga meningkatkan arthritis yang menyebabkan sesak nafas, Sleep apnea, dan cepat lelah.

Hasil gambar untuk obesitas

penyebab obesitas (kegemukan)?

Obesitas disebabkan oleh kadar kalori yang berlebihan dalam tubuh. Obesitas disebabkan oleh berbagai macam faktor (multifaktorial). Interaksi antara berbagai macam faktor inilah yang menyebabkan seseorang dapat mengalami obesitas. Beberapa faktor adalah faktor genetik (faktor turunan dari orangtua yang menjadikan berat badan anaknya cenderung bertambah), faktor psikologis (makan saat stress), dan kultur/sosial (orang-orang yang makan dalam jumlah besar dianggap biasa).

yang meningkatkan risiko saya untuk obesitas (kegemukan)?

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kegemukan antara lain:
  • Genetik
  • Gaya hidup
  • Kebiasaan memakan makanan kurang sehat
  • Merokok
  • Kurang tidur
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Umur
  • Masalah sosial dan ekonomi
  • Masalah kesehatan
Jika Anda tidak mengidap faktor-faktor risiko tersebut bukan berarti Anda tidak dapat terjangkit obesitas. 
Menjaga pola makan yang seimbang, olah raga, dan melakukan operasi dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan. Pakar diet dan dokter dapat menolong Anda untuk merancang pola makan rendah lemak dan rendah kalori. Olah raga juga merupakan langkah yang efektif. Beberapa cara pengobatan dapat mengurangi berat badan namun juga memiliki efek samping. Gunakan cara tersebut jika cara-cara sebelumnya tidak efektif, dan lakukan pengobatan di bawah pengawasan dokter dan ahli kesehatan.
Beberapa teknik pengobatan dapat mengurangi berat badan, tetapi juga menimbulkan efek samping. Gunakan cara tersebut jika diet dan olahraga tidak berjalan dengan baik. Minumlah obat-obatan di bawah pengawasan dokter dan ahli kesehatan.

sumber: Hellosehat,dll

Komentar

Postingan Populer