KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN ADAS










KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN ADAS

Tanaman adas yang mempunyai nama latin foeniculum vulgare moller adalah salah satu jenis tanaman yang sering digunakan dalam sistem pengobatan tradisional sebagai herbal. Ekstrak bijinya merupakan komponen yang digunakan untuk membuat minyak telon.
Manfaat tanaman adas ini adalah
1. menghilangkan rasa dingin.
2. Menghilangkan rasa nyeri sendi
3. Menurunkan kadar asam urat
4. Pelega perut (karminatif)
5. Menahan rasa mulas
6. Penambah rasa alami
7. Mengatasi batuk
8. Mengobati sariawan
9. Menyembuhkan gangguan anemia
10. Melancarkan pencernaan dan mengobati sembelit
11. Menstabilkan kolesterol dalam darah
12. dll

Ciri tanaman adas
Dalam setiap rumpunnya, biasanya tanaman adas memiliki 3 sampai 5 batang yang warnanya hijau sedikit kebiruan. Batang yang mempunyai ruas dan alur ini dapat mengeluarkan aroma sedap dan wangi jika dimemarkan.
Daunnya bersifat majemuk dan tumbuh secara berselang-seling. Bentuknya menyerupai sirip ganda serta menyempit seperti jarum runcing di bagian pangkal dan ujungnya. Daun tersebut berukuran sekitar 30 hingga 50 cm dengan lebar antara 5 hingga 7 cm dan mempunyai warna hijau muda.
Ketika berusia dewasa tanaman adas akan mengeluarkan bunga payung majemuk berdiameter antara 5 hingga 15 cm dan panjang antara 2 sampai 5 mm. Kelopak tersebut mirip tabung dan berwarna hijau. Sedangkan mahkota bunganya mengarah keluar dari bagian ujung batang dan berwarna kuning.
Setelah bunganya menjadi buah, bentuknya berubah jadi biji kering yang bentuknya lonjong dan berukuran panjang antara 5 sampai 10 mm dan lebar 3 atau 4 mm. Jika masih muda, buah atau biji tersebut berwarna hijau. Tetapi ketika sudah dewasa bisa berubah jadi coklat tua dan mengeluarkan aroma atau bau yang sangat khas.

Cara menggunakan tanamana adas sebagai obat-obatan.
Rebus 3-9 gram adas kering dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum hangat-hangat, rutinkan 1-2 kali sehari.

Dari berbagai sumber : media online maupun media cetak




Komentar

Postingan Populer